Sekali Lagi Mengenai Arsitektur Core i7, QuickPath & Turbo Boost


Banyak yang masih bertanya-tanya tentang perbedaan mendasar dari Core 2Duo/Quad dengan Core i7. Kali ini kami menyajikan tabel perbedaan spesifikasi antara Core 2 Duo/Quad dan Core i secara teknis. Ulasan-ulasan mengenai istilah-istilah pada arsitektur juga akan memberikan Anda definisi yang lebih jelas.



Apa maksud Gigatransfer per-Second (GT/s) pada teknologi Quickpath ?
Gigatransfer merupakan istilah yang digunakan oleh teknologi Quickpath pada arsitektur processor Core i7. Processor sebelumnya menggunakan teknologi FSB (dengan satuan MHz), yang menyatakan berapa banyak clock cycle dalam waktu satu detik.
Gigatransfer/second pada dasarnya sebuah satuan yang menunjukkan banyak data yang ditransfer dalam waktu satu detik (1 GT = 109 - Satu Miliar Transfer Data ).
Secara teknis teknologi Quickpath menggunakan metode koneksi poin-to-point antara Processor dengan Chipset Motherboard (I/O Hub), serta Processor dengan Memory Utama (RAM). Setiap koneksi (atau disebut link) memiliki jalur dua arah (atau direction), yaitu arah bolak-balik menuju processor (lihat bagan dibawah).

Dari bagan diatas terlihat bahwa arsitektur Quickpath terdiri dari dua link (menuju ke Chipset dan RAM), dan setiap link terdiri dari 2 direction.
Total transfer rate keseluruhan arsitektur Quickpath ini adalah 25,6 GB/s. Ini berarti dua kali lipat teknologi sebelumnya yang hanya 12,8 GB/s (menggunakan processor tertinggi Core 2 Extereme FSB 1600 MHz dan Chipset X48).
Bagaimana cara menghitung angka-angka pada arsitektur ?








  • Setiap direction memiliki transfer sebesar maksimal 6.4 GT/s, berarti total ada 4 direction x 6.4 GT/s = 25,6 GT/s.






  • Setiap direction memiliki transfer rate 2,5 Gb/s yang berarti = 6,4 GT/s x 2,5 Gb/s = 16 GB/s per-direction.





  • Setiap link memiliki transfer rate sebesar = 16 GB/s x 2 = 32 GB/s per-link.





  • Setiap arsitektur Quickpath memilliki transfer 32 GB/s x 2 Link = 64 GB/s total per-architecture.







  • Total arsitektur dibagi transfer rate per-direction = 64 GB/s dibagi transfer rate per-direction 2.5 GB/s = 25,6 GB/s. Jadi total arsitektur menggunakan transfer rate 25,6 GB/s.





  • Apa itu Turboboost Technology ?
    Turbo Boost teknologi merupakan fitur tambahan pada Processor Core i7. Dengan fitur ini maka core processor akan bekerja lebih cepat daripada frekuensi rata-rata aslinya, asal masih dalam batas power, arus dan suhu yang diizinkan. Mirip dengan mekanisme overclocking tapi dengan cara yang lebih aman.
    Turbo Boost otomatis akan aktif saat aplikasi membutuhkannya, dengan cara meningkatkan frekuensi dinamis berbasis 133 MHz secara pendek dan reguler. Frekuensi ini akan terus ditingkatkan sampai batas-batas yang diizinkan dicapai. Dengan fitur ini maka waktu eksekusi aplikasi akan semakin cepat & efisien, terutama aplikasi yang membutuhkan workload besar.
    EoF 
    source : http://www.rainerserver.net/?section=news&item=4&page=1
    Post a Comment