Adobe Premiere Elements 10: Aplikasi Video Editor Terbaru dari Adobe



Adobe Premiere Elements 10 merupakan versi terbaru aplikasi video editor dari Adobe yang ditunjukan untuk pemakai umum. Ada banyak fitur-fitur baru di dalamnya, salah satunya versi 64 bit untuk Windows 7, berbagi video melalui Facebook dan YouTube dan masih banyak lagi fitur-fitur baru lainnya.

Versi 64 Bit
Adobe sekarang menawarkan Peremiere Elements 10 versi 64 bit, sayangnya hanya untuk Windows 7. Pemilik Windows XP 64 bit atau Windows Vista 64 bit harus puas dengan versi 32 bit. Penggunakan versi 64 bit tentu saja membutuhkan memori yang lebih, dengan demikian harus melakukan yang lebih baik (terutama dengan konten definisi tinggi dan proyek-proyek besar).
Premiere Elements 10 tidak memiliki sepenuhnya Mercury Playback Engine dari Premiere Pro CS5.5, hal ini karena Premiere Elements 10 adalah aplikasi konsumen yang relatif murah dan Mercury Playback Engine bergantung pada kartu grafis yang harganya lima kali lebih mahal dari yang diperlukan Elements 10. Meskipun begitu, Adobe mengklaim bahwa mereka telah meningkatkan kinerja output program hingga 75 persen.
Upload Facebook dan YouTube
Anda sekarang dapat meng-upload video ke Facebook atau YouTube melalui Premiere Elements 10. Dalam Premiere Elements 9, jika Anda ingin berbagi video Anda dengan meng-upload ke salah satu situs, Anda harus menyimpan proyek terlebih dahulu, menjalankan aplikasi dan meng-upload dari sana. Sekarang, Anda cukup klik tab Share, otorisasi Element akan berinteraksi dengan akun Facebook Anda atau login ke YouTube, memilih format dan beberapa detail dan mulai upload.
Mewarnai di dalam garis
Cara baru korektor tiga warna di Premiere Elements 10 didasarkan pada teknologi yang sama pada Premiere Pro. Dengan tool ini, Anda dapat menerapkan koreksi highlights dan bayangan secara terpisah. Tanpa tool tersebut, mencoba membuat langit biru akan membuat semua yang nampak pada video juga berwarna biru. Ini memang agak rumit untuk digunakan, karena banyaknya pengaturan dan tools pada Elements.
Sebuah AutoTone dan efek Vibrance memberikan hal-hal yang ekstrim lainnya dan hampir tidak ada pengaturan kecuali Anda harus mencentak kotak AutoTone. Tapi dalam beberapa klip, hasilnya lebih baik pada tools ini dari pada menggunakan korektor tiga warna. Seperti halnya pada banyak fungsi Premiere Elements, Anda seringkali harus mencoba tools yang berbeda sampai Anda menemukan satu yang bekerja baik di klip tertentu.
Premiere Elements 10 akhirnya bisa output file AVCHD, baik ke folder atau ke DVD.Dari pada burning video HD ke Blu-Ray yang mahal, Anda dapat burning mereka ke sebuah DVD murah namun tetap mempertahankan ukuran frame HD. Tentu saja Anda tidak akan bisa membuat film yang lebih lama, karena kapasitas DVD tidak sebesar disk Blu-Ray.
Memasang Scrip
Penambahan versi 64 bit Adobe Premiere Elements 10 memberikan ruang kinerja yang cukup, terutama dengan video definisi tinggi. Premiere Elements adalah program pengeditan yang efektif yang mencakup banyak wilayah dan memenuhi berbagai tingkat pengguna dengan berbagai fitur.