Cara Menjalankan Program Dengan Otomatis di OS X Lion


Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas bagaimana cara menjalankan program dengan otomatis di Windows 7. Masih dengan topik yang sama, tapi kali ini kita akan melakukannya di OS X Lion, baca terus artikel ini untuk mengetahui cara menjalankan program dengan otomatis di OS X Lion.
Mengatur Desktop menggunakan MoomJika pada Windows 7 kita menggunakan Zmover untuk mengatur posisi aplikasi di desktop kita, pada OS X Lion kita akan menggunakan aplikasi bernama Moom
1. Setelah Anda download, instal dan menjalankan Moom, arahkan mouse ke Menu Bar dan klik tab “Custom”
2. Harus ada elemen di atas menu drop-down membaca Arrange Windows. Jika tidak klik menu drop dwon elemen apapun dan pilih item Arrange Windows.
3. Jika Anda menggunakan komputer Anda di lokasi yang berbeda dengan monitor eksternal yang berbeda, Anda perlu memberikan nama konfigurasi Anda sehingga Anda tahu. Masukkan nama dalam field Title.
4. Jika Anda memiliki jendela yang bertumpukan dalam pengaturan Anda, centang kotak yang menyatakan “Ignore obstructed windows”.
5. Klik tombol Save Snapshot. Anda telah berhasil menyimpan pengaturan desktop Anda.
6. Ketika Moom berjalan, Anda dapat memicu konfigurasi disimpan dengan kombinasi hotkey. Untuk melakukan ini, klik entry field di sudut kanan atas elemen Arrange Window kemudian masukkan kombinasi tombol apa yang ingin Anda gunakan (tekan semua tombol sekaligus).
7. Setelah selesai, klik tab di bagian atas jendela General. Kemudian pilih menu Run as application di bagian bawah dropdown. Pilih pilihan Menu Bar. Ini akan menjaga aplikasi berjalan di background dan mendengarkan hotkey. Ini dapat diakses melalui ikon pada menu bar.
AutomatorSetelah Anda memutuskan aplikasi apa yang ingin Anda jalankan secara otomatis dan menempatkan mereka di tempat yang sesuai, saatnya membuat mereka berjalan secara otomatis setiap desktop pertama kali menyala. Pada Apple, Automator akan membantu hal ini.
1. Pergi ke folder Applications dan buka Automator.
2. Menu utama akan menanyakan apa jenis dokumen yang ingin Anda buat. Pilih Application.
3. Anda akan memiliki menu penuh dari tindakan Automator di sebelah kiri dan ruang kosong di sebelah kanan. Pergi ke Library dan klik Utilities. Dalam menu sekunder, cari item Launch Application.
4. Tarik Launch Application ke ruang kosong di sebelah kanan.
5. Pilih aplikasi pertama yang ingin anda jalankan dari menu drop down. Pastikan Moom salah satu aplikasi dalam daftar.
6. Klik kanan elemen Launch Aplication dalam alur kerja yang sedang Anda bangun dan klik Duplicate.
7. Ulangi langkah 5 dab 6 untuk setiap aplikasi yang ingin Anda jalankan secara otomatis.
8. Setelah selesai, pergi ke menu bar, klik File > Save.
9. Save alur kerja ke dalam folder pilihan Anda.
10. Cari alur kerja di Finder dan drag ikon ke dock bar Anda.
Setiap kali Anda menyalakan komputer OS X Anda, klik alur kerja Automator yang Anda tempatkan pada Dock Launcher. Ini akan membuka semua aplikasi Anda (termasuk Chrome dan semua tab Anda). Masukkan hotkey makro yang Anda buat untuk Moom. Windows akan secara otomatis mengatur.