Review dan spesifikasi lengkap Kamera Nikon J1

Nikon baru saja meluncurkan kamera kompak mirrorless (kamera tanpa cermin) pertama minggu ini, dengan sistem pencitraan yang sama sekali baru. Kamera Nikon terbaru, yang dijuluki J1 ini adalah sistem kamera Nikon homegrown pertama yang telah berkembang sejak sistem F yang lebih dari 50 tahun yang lalu.

Pada suatu even mewah di Tokyo, Nikon mengungkapkan kamera candy colored 10.1MP dengan fitur berteknologi tinggi yang dirancang untuk menarik pengguna baru.
Video, Stills dan Combo
Dengan sensor kecil dan prosesor dual core baru, kamera digital kompak menawarkan 1080p video HD sampai dengan 60 frame per detik untuk merekam video maksimal 29 menit secara terus menerus. Pengguna juga bisa merekam pada 1200 fps untuk efek gerak super lambat.
Untuk stills, J1 dapat menangkap 10 frame per detik dalam mode kecepatan tinggi, tertinggi terbaru di pasar compact dan dapat auto fokus terus menerus. Mode Smart Still memungkinkan fotografer mengambil 20 gambar berturut-turut dengan menekan satu tombol dan kamera secara otomatis memilih gambar terbaik serta empat alternatif lalu menampilkan mereka di layar LCD 3 inci.
Nikon J1 menggunakan sistem yang disebut CX yang menawarkan modus video shooting dan kombinasi still. Dengan mengaktifkan Motion Snapshot, J1 menangkap satu detik  video 60 fps sebelum dan sesudah still shot dan proses untuk film 24 fps.
Sistem CX
Nikon mengatakan sistem hibrida advance baru dalam J1 adalah auto fokus tercepat di dunia. Secara otomatis menyesuaikan dengan berbagai pencahayaan dengan jangkauan ISO 100-3200 dengan satu langkah tambahan untuk 6400, yang berguna dalam kondisi cahaya yang sangat rendah.
Nikon yang pertama memakai format CX sensor CMOS yang duduk antara ukuran kamera kompak tradisional dan yang digunakan di DSLR dan kamera mirrrorless lainnya.
Sebagai contoh, sensor CX adalah empat kali lebih besar dari  kebanyakan kamera kompak dan dua atau setengah kali lebih besar dari tipe 1 dan 1,7 inci yang digunakan dalam kamera kompak berharga mahal. Namun, itu adalah setengah ukuran sensor di kamera  mikro empat pertiga dan sepertiga ukuran format APS-C yang digunakan dalam kebanyakan DSLR. Hal ini membuat kamera Nikon J1 lebih kecil dan ringan dibanding pesaingnya.
Lensa
Kamera CX baru dari Nikon akan memiliki lensa mereka sendiri yang kompatibel, tetapi Nikon mengatakan akan menawarkan adaptor sehingga lensa jenis F dari Nikon DSLR dapat digunakan dengan sisten satu kamera.
Sistem satu lensa termasuk 10mm, F2.8 (setara 27 mm), F3.8-5.6 (setara 27-81 mm) Vivration Reduction (VR) II standard zoom dan 10-100mm, F4.5-5.6 (setara 81-297 mm) VR II long zoom.
Nikon J1 sudah mulai tersedia pada 20 Oktober dengan harga $650, yang meliputi kamera dan lensa 10-33 mm.