Panduan memilih LCD monitor untuk Anda.


Angsana computer - Monitor yang Anda gunakan saat ini mungkin sudah satu paket dengan PC desktop Anda atau mungkin Anda membelinya secara terpisah. Jika Anda membeli LCD monitor secara terpisah tentunya Anda akan kebingungan untuk memilih LCD monitor mana yang bagus, karena harga dan kualitasnya yang bervariasi. Agar Anda tidak lagi bingung memilih monitor LCD mana yang baik, maka kami berikan sedikit panduan memilih LCD monitor untuk Anda.


Terlepas dari merk dan jenis monitor yang beredar di pasaran, ada beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda memilih LCD monitor:

1. Harga
Harga monitor sangat bergantung pada jenis, ukuran dan fitur dari layar. Sebagai contoh, Acer LCD V193HQ 18,5 inci dengan resolusi 1366 x 768 mempunyai harga Rp. 960.000, lebih murah dibandingkan Acer LCD V203HL 20 inci dengan resolusi 1600 x 900 yang harganya Rp. 1.450.000.

2. Ukuran
LCD monitor umumnya memilki ukuran antara 15 inci sampai 30 inci. Dimana ukuran panel diukur secara diagonal. Memiliki area tampilan yang besar tentu akan lebih baik, meskipun hal tersebut menjadi tidak praktis jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk meletakkannya bersama PC desktop Anda. Apalagi semakin besar layar maka budget yang Anda keluarkan juga besar. Monitor LCD antara 22 inci dan 24 inci kami rasa cukup ideal, karena mereka menawarkan layar yang cukup untuk melihat dokumen multipage atau menonton film tanpa mengambil ruang terlalu banyak.

3. Tingkat Respon Pixel
Tingkat respon pixel diukur dalam milidetik, adalah waktu yang diperlukan pixel untuk berubah dari hita ke putih (b-w) atau untuk transisi dari satu warna abu-abu ke warna abu-abu lain (g-g). Semakin cepat tingkat respon pixel, semakin baik monitor menampilkan video tanpa menimbulkan efek kabur pada gambar bergerak.

Monitor dengan respon pixel yang cepat, 2 milidetik (b-w) atau 5 milidetik (g-g) sangat baik untuk game, bahkan monitor dengan respon pixel yang lebih tinggi (7 sampai 12 milidetik) dapat menampilkan permainan tanpa kabur.

Meskipun kebanyakan orang tidak akan terlalu memperhatikan hal ini, tapi bagi orang yang suka bermain game menganggap bahwa ini adalah faktor yang penting ketika memilih monitor dan biasanya mereka mencari monitor tercepat.

4. Resolusi
Resolusi adalah jumlah pixel monitor yang dapat ditampilkan, baik secara horisontal maupun vertikal. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak informasi yang dapat ditampilkan pada layar. Saat ini hampir sebagian besar monitor dengan ukuran 22-27 inci memiliki resolusi 1920 x 1080 dan disebut sebagai monitor Full HD.

5. Fitur Tambahan
Jika Anda harus berbagi monitor dengan rekan kerja atau anggota keluarga, pertimbangkan model yang ergonomis yang memungkinkan posisi layar Anda memiliki sudut tampilan yang nyaman untuk Anda. Beberapa LCD monitor mudah untuk diputar untuk menyesuaikan sudut dan ketinggian yang fleksibel.

Jika Anda mentransfer banyak data menggunakan USB, carilah monitor yang built in dengan port USB karena jauh lebih mudah untuk dipasang dari pada Anda harus susah-susah mencolokkan ke belakang PC Anda.

Kebanyakan LCD monitor searang juga sudah built in dengan speaker yang memadai, jadi Anda tidak perlu lagi membeli speaker tambahan.