Review dan Spesifikasi Lengkap ASUS Eee Pad Slider SL101

Jika sebagian besar tablet Android dibuat dengan keyboard sentuh, lain halnya dengan tablet Android dari Asus ini. Asus telah merancang Eee Pad Slider SL101, tablet Android 10 inci pertama yang menggunakan slide out keyboard QWERTY. Eee Pad Slider juga dilengkapi layar IPS terang, port USB ukuran penuh (untuk memasang drive penyimpanan atau mouse) dan casing ramping yang lebut. Baca terus review Asus Eee Pad Slider SL101 dari kami ini, agar Anda lebih mengenal dan menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memiliki produk ini.
Desain

Eee Pad Slider memiliki dimensi 10, 7 x 7,1 x 0,7 inci (dengan keyboard ditarik) dan berat 953 gram, lebih besar dan lebih berat dari Samsung Galaxy Tab 10.1 (9,7 x 6,7 x0,3 inci, 565gram ) dan Eee Pad Transformer (10,7 x 6,9 x 0,5 inci, 680gram). Namun, dengan dock keyboar yang terpasang, Transformer jauh lebih berat yaitu 1,27Kg.
Eee Pad Slider SL101 memiliki permukaan touchscreen yang halus dan panel yang luar biasa tebal berwarna hitam dengan sisi-sisi melengkung berwarna abu-abu. Ukuran panel di setiap sisinya adalah 1 inci dan 0,9 inci di bagian atas dan bawah layar, terlihat lebih besar dibanding Samsung Galaxy Tab 10.1 (0,6 inci). Namun, hal ini memberikan ruang ekstra yang lebih luas untuk keyboard. Permukaan belakang dilapisi plastik yang sangat grippable, plastik dengan sentuhan lembut dengan plastik abu-abu beraksen garis yang memberikan perangkat ini tampilan dua nada yang menarik.
Dengan memasukkan jari di antara dua lapisan atas casing (di atas menghadap ke depan webcam) dan mendorong ke atas, Anda dapat flip Eee Pad Slider SL101 ke modus geser. Di dalam mode ini, layar berada pada sudut 45 derajat, mengekspos keyboard QWERTY yang memiliki bahan lembut. Keyboard sliding mengharuskan Anda mengambil perangkat dan tahan dengan dua tangan, namun gerakan slidingnya cukup halus. Ditambah lagi dengan engsel yang sangat kokoh.
Keyboard
Eee Pad Slider SL101 memiliki keyboard QWERTY dengan tombol yang lengkap, termasuk nomor baris khusus, tombol panah, tombol khusu untuk Home, fungsi Back, Menu dan Search.
Meskipun Anda dapat menggunakan tombol panah untuk bernavigasi di seluruh desktop dan memilih ikon, namun sebagian besar akan menggunakan jari Anda untuk membuka aplikasi. Sayangnya, tablet Android Asus ini tidak menyertakan pointing stick di tengah-tengah keyboard, meskipun Anda dapat menambahkan mouse eksternal jika Anda ingin tablet ini bekerja seperti laptop biasa.
Meskipun Anda dapat mengetik dengan akurasi yang besar dan nyaman dibandingkan dengan keyboard virtual, namun tombol pada keyboard Eee Pad Slider SL101 ini lebih kecil dari netbook pada umumnya. Sehingga agak sedikit tidak nyaman ketika mengetik dengan jangka waktu yang lama.
Eee Pad Slider SL101 juga dilengkapi dengan dua keyboard virtual pre-loaded, keyboard Android dan keyboard dari Asus sendiri. Kami sarankan Anda menggunakan keyboard Asus karena tombol angka dan huruf ditempatkan pada layar yang sama, memberikan simbol lainnya dan bahkan menawarkan mode jejak yang mirip dengan Swype.
Sayangnya, sama halnya dengan Swype, kemampuan prediktif modus jejak sangat terbatas. Baik Asus maupun keyboard Android mendukung umpan balik haptic.
Port dan Tombol
Asus Eee Pad Slider SL101 memiliki beberapa port yang berguna dan Anda tidak akan menemukannya di tablet Android lainnya. Di sisi kanan terdapat beberapa port USB yang dapat Anda gunakan untuk memasang USB Flash Disk, harddisk eksternal, keyboard atau mouse. Di bagian atas terdapat port mini HDMI untuk menghubungkan ke TV atau monitor eksternal dan konektor docking proprietary harus Anda gunakan untuk terhubung ke adaptor AC untuk charging atau PC untuk menyalin file. Sisi kiri terdapat card reader microSD, tombol reset khusus, volume dan tombol power.
Ketika Anda memasang sebuah USB mouse eksternal ke port USB, pointer akan muncul dan Anda dapat bergerak di sekitar Android 3.2 UI dengan sangat mudan dan klik ikon seolah-olah itu sebuah sistem operasi desktop. Namun Anda akan melihat lebih banyak lagi ketika Anda menggunakan mouse nirkabel.