Panduan Memilih Scanner


Angsana computer - Anda pasti bingung ketika ingin membeli scanner yang tepat, karena sekarang hampir semua scanner dapat memindai apa saja. Baca artikel panduan memilih scanner ini, untuk membantu Anda memilih dan membeli scanner sesuai dengan kebutuhan Anda.

Agar dapat memilih scanner dengan tepat, Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang perlu Anda scan?
Mengetahui apa yang perlu Anda scan dan seberapa sering Anda melakuna secanning, akan membantu Anda menentukan fitur apa yang Anda butuhkan pada scanner.
Dua pilihan yang paling umum adalah foto dan dokumen, tetapi ada kemungkinan lain seperti buku, kartu bisnis, film (slide dan negatif), majalah dan lain-lain. Yang kurang umum adalah objek 3D seperti koin atau bunga.
Juga pertimbangkan rincian seperti ukuran maksimum dari aslinya dan apakah Anda akan perlu untuk men-scan kedua sisi halaman dokumen.
Apakah Anda perlu Flatbed?
Untuk foto atau dokumen asli yang mudah, bound material dan objek 3D, Anda membutuhkan flatbed.  Anda dapat men-scan foto dan perangko melalu sheet feeder, tetapi Anda beresiko merusak mereka, sehingga Anda dapat menggunakan plastik untuk melindungi aslinya.
Apakah Anda perlu Sheet Feeder?
Jika Anda berencana untuk men-scan dokumen pada pengumpan dasar, terutama dokumen lebih dari satu, Anda pasti ingin tiap lembarnya teratur. Setelah membuka tutup flatbed dan menetapkan halaman yang ingin discan, kemudian mengulangi proses scan 10 kali untuk 10 halaman dokumen pastinya akan melelahkan sehingga Anda pasti memerlukan Sheet Feeder. Beberapa sheetfed pada scanner juga dapat menangani benda yang tebal, seperti ID card.
Apakah Anda membutuhkan pengumpan dokumen otomatis (ADF)?
Jika Anda ingin men-scan satu atau dua halaman sekaligus, sheet feeder manual mungkin bisa melakukan semua yang Anda butuhkan. Tapi jika Anda akan men-scan dokumen sekali lagi secara teratur, tentunya Anda membutuhkan pengumpan dokumen otomatis yang akan men-scan seluruh tumpukan dokumen Anda saat Anda melakukan hal lainnya. Pilih kapasitas ADF berdasarkan jumlah halaman yang ingin Anda scan. Beberapa ADF juga dapat menangani tumpukan kartu bisnis dengan baik.
Apakah Anda perlu Duplex?
Dlupexing adalah scanning di kedua sisi halaman sekaligus. Jika Anda membutuhkan sheet feeder atau ADF, dan Anda menginginkan untuk men-scan dokumen pada ke dua sisi secara teratur, maka Anda akan membutuhkan scanner duplex, duplex ADF atau scanner yang memiliki fitur duplex manual.
Duplexing scanner memiliki dua elemen scan, sehingga mereka dapat men-scan kedua sisi halaman sekaligus. Mereka lebih cepat dari ADF duplex, tetapi juga memiliki biaya lebih mahal. ADF Duplexing men-scan satu sisi, membalik halaman di atas, dan kemudian men-scan lainnya. Scanner dengan duplex manual memungkinkan Anda memindai  salah satu sisi dari stack dan kemudian secara manual feed ulang tumpukan untuk memindai sisi lain.
Jika Anda tidak men-scan dokumen duplex dengan sering atau anggaran dana Anda terbatas, duplex manual adalah alternatif yang paling ekonomis.
Berapa resolusi yang Anda butuhkan?
Untuk dokumen bahkan 200 pixel per inch (ppi) scan akan memberikan kualitas yang cukup baik untuk berbagai macam keperluan, 300 ppi hampir selalu cukup dan sulit menemukan  scanner kurang dari 600 ppi saat ini. Untuk foto sama saja, kecuali Anda berencana untuk men-scan sebagian dari foto atau mencetak foto di ukuran yang lebih besar dari aslinya, 600 ppi lebih dari cukup.
Ada beberapa dokumen asli yang memerlukan resolusi yang lebih tinggi. Misalnya jika Anda ingin men-scan 35mm slide atau negatif, Anda mungkin ingin mencetak mereka pada ukuran yang jauh lebih besar dari pada yang asli yang berarti Anda harus men-scan mereka pada resolusi tinggi.
Dalam kasus di atas Anda setidaknya memerlukan resolusi optik 4.800 ppi. Namun Anda jangan panik dengan angka resolusi yang tinggi, karena keduanya tidak relevan. Perhatikan juga bahwa resolusi yang sebenarnya biasanya lebih rendah dari resolusi yang diklaim, karena resolusi yang sebenarnya biasanya dibatasi oleh kualitas optik dalam scanner.
Berapa besar ukuran dokumen aslinya?
Pilihlah scanner yang dapat menangani ukuran dokumen asli yang akan Anda scan. Beberapa flatbed memiliki ukuran letter, sehingga akan menjadi masalah ketika Anda akan men-scan dokumen dengan ukuran legal. Kebanyakan fletbed ADF akan men-scan halaman ukuran legal dengan ADF, tetapi tidak semua melakukannya. Anda juga dapat menemukan scanner dengan flatbeds lebih besar.
Fitur apa yang Anda butuhkan pada driver scanner?
Kebanyakan scanner akan bekerja dengan program scan terkait, tetapi jika software yang Anda butuhkan sudah dilengkapi dengan scanner, Anda tidak harus membayar lebih untuk itu. Beberapa fitur software pada scanner sudah mencakup photo editing, pengenalan karakter optik (OCR), pengindeks teks, kemampuan untuk membuat dokumen PDF dan program kartu bisnis.
Apakah Anda perlu scanner untuk tujuan khusus?
Pertimbangkan apakah Anda memerlukan scanner untuk tujuan khusus daripada tujuan umum. Scanner untuk tujuankhusus antara lain untuk kartu bisnis (kecil dan portabel), buku (dirancang untuk membiarkan halaman datar) dan slide (lebih kecil dari scanner flatebed, tetapi tidak lebih baik daripada scanner slide flatbed dengan fitur yang setara).
Kemungkinan lainnya adalah scanner portabel dan scanner pena. Beberapa scanner portabel terbaru dapat beroperasi tanpa komputer, scanning ke karto memori atau bahkan smartphone. Anda juga dapat menemukan scanner yang berfungsi sebagai scanner dokumen baik portabel dan desktop dengan menggabungkan scanner portabel dengan docking station yang mencakup ADF.