Plasma VS LCD VS LED: Perbandingan Tipe HDTV Terbaik

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk membeli HDTV, salah satunya adalah jenis layar. Pasar HDTV saat ini menawarkan tiga pilihan teknologi layar yang berbeda: Plasma, CCFL-baclit LCD dan LED-backlit LCD. Namun tidak banyak yang tahu mana tipe HDTV terbaik.



Perbedaan LCD VS LED VS Plasma
Ketiga teknologi ini sangat berbeda, terutama bagaimana masing-masing layar menyala. Dalam HDTV plasma, fosfor yang menciptakan gambar pada cahaya layar ke atas diri mereka sendri dan tidak membutuhkan backlighting.

Untuk HDTV LCD, layar kristal cair tidak menyala membutuhkan sumber cahaya yang terpisah. Di situlah perbedaan antara layar LCD biasa (juga dikenal sebagai CCFL-backlit LCD) dan layar LED-backlit LCD (juga dikenal sebagai LED-LCD atau layar LED saja)

HDTV LCD menggunakan cold cathode fluorescent lights (CCFLs) untuk menerangi layar. CCFLs mirip dengan lampu neon, mereka menggunakan gas yang dibebankan untuk menghasilkan cahaya. Layar LED-LCD, seperti namanya mereka menggunakan dioda yang memancarkan cahaya (LED) untuk menerangi layar.

Beberapa faktor yang dapat dipengaruhi oleh jenis layar HDTV yang Anda pilih. Diantaranya yang paling menonjol adalah ketebalan layar, brightness, darkness, efisiensi energi dan harga. Tapi idealnya Anda pasti menginginkan HDTV yang terjangkau, tipis, gambar yang terang dan mengkonsumsi daya yang sedikit. Jelas saat ini ini tidak mungkin, tapi HDTV LED-backlit LCD lebih baik dari kedua teknologi tersebut.

Kualitas Gambar
Kualitas gambar adalah aspek yang paling penting dari HDTV apapun. Secara khusus, tingkat putih dan hitam menentukan bagaimana detail gambar dapat terlihat di layar. Tingkat putih yang kecil berarti detai dapat membersihkan gambar yang cerah, sementara tingkat hitam yang kecil berarti bayangan menelan bagian-bagian dari gambar dalam adegan gelap.

Ukuran dan Daya
Ketebalan layar bukannlah aspek yang paling penting dari HDTV, tapi itu yang paling terlihat. Sebuah HDTV super tipis tidak hanya secara visual mencolok, tapi juga lebih mudah dipasang di dinding dan dapat lebih mudah di atur, ditampilkan atau tersembunyi sebagai bagian dari home theater Anda. CCFLs layar LCD backlight standar jauh lebih tebal daripada LED dan layar plasma memerlukan cukup banyak ruang untuk sel-sel plasma yang sebenarnya. Di sisi lain, LED dapat sangat kecil meskipun paling terang, yang berarti array LED sepanjang tepi LCD mendapat cahaya sementara benar-benar menghapus lampu latar.

Efisiensi energi merupakan faktor penting ketika memilih HDTV, dan di antara ketiganya teknologi HDTV LED backlit menang lagi. HDTV LED secara konsisten mengkonsumsi sekitar 100 watt bahkan kurang. Sedangkan HDTV plasma dapat mengkonsumsi energi sampai dua atau tiga kali lipat.