Samsung Galaxy Tab 8.9: Review dan Spesifikasi Lengkap


Angsana computer - Kehadiran Samsung Galaxy Tab 8.9 memang tidak semeriah saudara tuanya Galaxy Tab 10.1, namun tetap saja Galaxy Tab 8.9 akan membuat persaingan komputer tablet semakin memanas. Berikut ini sengaja kami tuliskan review dan spesifikasi Samsung Galaxy Tab 8.9 untuk Anda, agar Anda lebih mengenal tablet Android terbaru dari Samsung ini.

Desain
Galaxy Tab 8.9 tidak lebih tipis dari Galaxy Tab 10.1 (0.34 inci) dan iPad 2 (0.34 inci), tapi Samsung berhasil mengurangi berat Galaxy Tab 8.9 hingga setengah kilo (tepatnya 445gram). Meskipun tidak terlalu jauh dengan Galaxy Tab 10.1 (565gram) dan iPad 2 (601gram), tetapi hal tersebut akan membuat perbedaan besar ketika digunakan sehari-hari seperti saat membaca untuk waktu yang lama atau bermain game.
Desain Galaxy Tab 8.9 sangat mirip dengan Galaxy Tab 10.1, menampilkan panel depan yang sama-sama elegan dan mengkilap dengan alumunium dan kurva bulat. Bagian belakang juga dibuat dari plastik berwarna abu-abu yang dibuat agar terlihat seperti metal.
Dengan mode landscape, kamera 2MP terletak di atas layar, sedangkan tombol power, volume rocker dan jack headphone terletak di tepi atas. Di sepanjang bagian bawah terdapat dua speaker stereo kecil dan port proprietary Samsung. Di bagian belakang terdapat kamera 3MP dan flash LED. Sayangnya, tidak ada slot SD card untuk meningkatkan 16GB storage onboard.
Layar dan Audio
Layar Galaxy Tab 8.9 mungkin tampak lebih kecil jika dibandingkan dengan tablet 10 inch yang beredar di pasaran, tapi itu bukan berarti kurang menarik. Tablet 8,9 inch ini memiliki layar LCD yang menawan (1280 x 800), gambar yang tajam, terang serta warna yang hidup dengan sudut pandang lebar.
Seperti Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab 8.9 memiliki sepasang speaker kecil. Tapi mereka berada di tepi bagian bawah tablet, bukan di sisi tablet seperti pada Galaxy Tab 10.1. Anehnya, output audio sedikit lebih keras pada Galaxy Tab 8.9 dari pada Galaxy Tab 10.1.
Software dan Antarmuka
Samsung Galaxy Tab 8.9 menjalankan sistem operasi Android Honeycomb 3.1 ditambah antarmuka custom dari Samsung TouchWiz UX. Seperti pada smartphone Android (Samsung Galaxy S II), membuka perangkat dilakukan dengan menarik cincin virtual dari tengah layar luar ke segala arah. Pengguna kemudian di sambut oleh lima home screen, yang dapat diisi dengan beberapa widget dan shortcut aplikasi. TouchWiz UX juga memungkinkan pengguna untuk drag widget yang disebut Live Panel, agar sesuai dengan ruang yang tersedia pada layar. Membuat Live Panel yang lebih besar, menambahkan fungsi tambahan.
Di bagian bawah layar juga terdapat aplikasi mini baru. Menekan panah di tengah bar sistem akan menampilkan ikon enam aplikasi milik Samsung (Calculator, Calendar, Music Player, Pen Memo, Task Manager dan World Clock), yang dapat dibuka di atas aplikasi berjalan lainnya.
Seperti tablet Honeycomb lainnya, bagian bawah layar menampilkan bar sistem dengan software key untuk Back, Home dan Recent Application. Di sudut kanan bawah adalah area notifikasi di mana Anda akan menemukan sistem alert, seperti email, download, waktu, menambah jaringan dan status baterai.
Keyboard
Samsung menawarkan lima layout keyboard yang berbeda pada Galaxy Tab 8.9, termasuk Swype, Samsung Solution dan pengaturan default Android Honeycomb. Keyboard Samsung cukup fungsional tetapi tidak memiliki kunci split tata letak, yang akan membuat mengetik dalam mode landscape jauh lebih mudah.
Kinerja
Galaxy Tab 8.9 dilengkapi dengan prosesor dual core yang powerful NVIDIA Tegra 2  1GHz sehingga kinerja grafis menjadi cepat.
Aplikasi dan Media
Samsung menawarkan pilihan aplikasi perangkat lunak yang baik untuk digunakan pada Galaxy Tab 8.9. selain aplikasi Android Honeycomb yang khas seperti Gmail, Altitude dan Movie Studio, juga tersedia beberapa aplikasi pihak ketiga seperti Amazon Kindle, Polaris Office untuk mengedit dokumen dan pembaca berita, Pulse.
Samsung mengisi Galaxy Tab 8.9 dengan perangkat lunak sendiri, termasuk toko Media Hub dan Music Hub. Aplikasi Social Hub meletakkan feed dari Twitter dan Facebook ke dalam satu lokasi yang nyaman. Aplikasi Google Market juga menawarkan buku dan aplikasi untuk dijual, Galaxy Tab 8.9 juga dapat menjalankan game khusu yang dapat didownload melalui aplikasi Nvidia TegraZone.
Kamera dan Camcorder
Kamera belakang 3MP Samsung Galaxy Tab 8.9 memang tidak terlalu berkesan karena tidak memiliki resolusi tinggi dan fitur tambahan superphone modern, namun cukup cepat untuk memotret. Samsung juga memberikan beberapa scene mode, seperti Landscape, Night dan Sport. Kamera 2MP pada bagian depan cukup baik ketika digunakan untuk video chatting.
Baterai
Samsung Galaxy Tab 8.9 menggunakan baterai lithium polimer 6100mAh, yang dapat bertahan hingga 8 jam.
Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 8.9
CPU: 1GHz dual core Nvidia Tegra 2
Display Size: 8.9 inch
Display Resolution: 1280 x 800 pixel
Wi-Fi: 802.11a/b/g/n
Has Bluetooth: Yes
OS: Android 3.1
Camera Resolution: 3MP
Front-Facing Camera Resolution:    2.0MP
Ports: Headphone; Proprietary
Size: 9.1 x 6.2 x 0.34 inches
Weight: 445gram