Tips Membeli HDTV

Angsana computer -Saat ini tren terbesar HDTV adalah TV 3D dan Internet TV, namun tidak semua orang memerlukan HDTV 3D dan Internet TV. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat membelinya nanti. Jika Anda kesulitan menentukan HDTV mana yang ingin Anda beli, baca tips membeli HDTV ini sampai selesai.

Plasma atau LCD? Bagaimana dengan LED dan DLP?
Plasma TV adalah satu-satunya model panel datar yang tersedia ketika pertama kali diperkenalkan pada satu dekade lalu.  Tetapi dengan kenaikan yang luar biasa dalam popularitas LCD TV beberapa tahun terakhir, banyak produsen telah berhenti membuat set plasma. Sementara LG, Panasonic dan Samsung bergeser memproduksi Plasma TV berbasis 3D dengan ukuran layar yang lebih besar.
Popularitas LCD TV dapat dikaitkan dengan beberapa keuntungan yang melekat atas teknologi plasma, termasuk jangkauan yang lebih luas termasuk ukuran layar yang lebih kecil, gambar yang sangat terang dan efisiensi energi yang lebih baik.
LED backlit LCD menawarkan efisiensi energi yang lebih besar dan seringkali lebih tipis dari CCFL berbasis LCD, terutama model edge-lit LED. Tapi set berbasis LED bisa menyebabkan beberapa masalah keseragaman gambar seperti “blooming”, di mana bagian-bagian yang lebih ringan dari gambar berwarna ke yang lebih gelap, mengurangi tingkat hitam keseluruhan.
Kekuatan plasma termasuk gambar hitam yang sangat gelap dan konsistensi gambar secara keseluruhan, yang (seperti CCFL atau LED) tidak menunjukkan perubahan warna, hilangnya saturasi atau kontras berkurang bila dilihat pada sudut yang lebih luas.
Mitsubishi masih membuat DLP (Digital Light Processing) HDTV. Produsen lain menghentikan produksi set ini secara besar-besaran dua tahun lalu.

Di mana Anda meletakkan HDTV baru Anda?
Memilih HDTV yang tepat sangat bergantung pada ruang di mana Anda berencana untuk menontonnya. Menentukan ukuran layar yang tepat agar bisa masuk dalam ruangan. Grafik di samping ini akan membantu Anda mengetahui  ukuran layar yang akan bekerja baik. Ini menjelaskan jarak minimum ideal untuk melihat materi HD pada berbagai ukuran layar. Duduk lebih dekat ke layar dan Anda akan mulai melihat struktur pixel layar. Juga perlu diingat bahwa standard definition (SD) video pada HDTV akan terlihat mengecewakan pada jarak yang tercantum pada tabel, jadi pertimbangkan untuk memindah kursi Anda untuk memperbaiki penampilan materi SD.
Pencahayaan ruangan juga sangat penting. Anda pasti ingin TV dengan layar yang menghasilkan gambar terbaik yang tampak dalam kondisi khas. Jika Anda biasanya menonton TV di ruangan remang-remang, Plasma adalah pilihan terbaik Anda karena dapat mengurangi intensitas keseluruhan gambar ketika menampilkan adegan cerah sehingga gambar terlihat lebih halus. TV LCD dapat membuat gambar lebih terang, sehingga dapat bekerja dengan baik di ruang terang.
Di ruang yang cukup terang, warna layar juga dapat sangat mempengaruhi kesan kualitas gambar-gambar pada layar gelap (LCD atau Plasma) dapat muncul untuk memiliki kontras  dan saturasi lebih besar. Kebanyakan set LCD memiliki layar berwarna sangat gelap, tetapi menggabungkan beberapa model layar glossy seperti sepasang kacamaa hitam. Membuat video hitam muncul lebih gelap (meningkatkan kontras gambar).
Jika Anda ingin menggunakan LCD TV di ruangan gelap, pertimbangkan memilih model yang dapat secara otomatis meredupkan gambar ketika merespon tingkat cahaya ruangan, atau dapat menyesuaikan secara manual untuk mengurangi ketegangan mata.
Resolusi
Resolusi sangat menentukan kecerahan dan kualitas gambar HDTV yang Anda beli. Semakin tinggi resolusi maka semakin bagus pula gambar yang akan Anda dapatkan. Tapi banyak faktor yang mempengaruhi persepsi detail gambar, termasuk jarak, kualitas penglihatan Anda dan kualitas dari video.
Koneksi
Idealnya HDTV harus menyediakan koneksi video yang cukup tidak hanya untuk sekarang tapi juga untuk masa mendatang. Masukan paling penting adalah High Definition Multimedia Interface (HDMI), yang mendukung sebagian besar bentuk video digital dan audio (dari pemutar DVD, konsol game dan beberapa camcorder) menggunakan kabel tunggal.
HDTV yang lebih kecil minimal harus menyediakan dua port HDMI dan yang lebih besar setidaknya empat. Jika Anda berencana untuk menghubunkan perangkat video analaog yang lebih tua untuk HDTV Anda, pastikan Anda menyediakan set baru yang cukup untuk konektor ini juga karena banyak produsen mengurangi jumlah input analaog pada set yang baru.
Selain 3D saat ini TV juga telah terhubung dengan internet. Hampir setiap HDTV mengintegrasikan sebuah port Ethernet sehingga Anda dapat menghubungkan ke jaringan rumah untuk mendapatkan akses Web. Beberapa bahkan menawarkan opsional Wi-Fi dongle sehingga Anda dapat menghubungkan TV ke internet tanpa kabel.
Kebanyakan HDTV juga sudah terdapat port USB sehingga Anda dapat memutar musik dan menampilkan foto atau video yang disimpan pada flashdisk atau harddisk eksternal.
Membandingkan Harga
Hal pertama yang harus diingat ketika Anda sudah siap untuk membeli HDTV adalah selalu membandingkan harga, agar Anda dapat menghemat uang yang Anda keluarkan.