Cara Instalasi OS Linux menggunakan grub-customizer tanpa menggunakan CD/DVD

Cara Instalasi OS Linux menggunakan grub-customizer

grub-customizer
gambar Entry editor


 gambar Urutan Entry


Cara Instalasi OS Linux tanpa menggunakan CD/DVD

Awalnya saya mau clean install Ubuntu 16.04 LTS dari sebelumnya pakai 14.04 LTS. tapi DVD-R saya yang tinggal 1 udah rusak dan flash drive saya entah kemana. Jadi saya nemu cara ini : https://help.ubuntu.com/community/I... mungkin buat beberapa user, cara di link di atas agak ribet. Jadi, saya pakai software grub-customizer agar grub bisa membaca file iso yang ada di partisi baru. install grub-customizer melalui ppa :
sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer sudo apt-get update sudo apt-get install grub-customizer Untuk instalasi dengan grub-customizer hanya membutuhkan file iso dari distro linux yang anda inginkan serta 1 partisi kosong di PC anda yang ukurannya kira-kira sedikit lebih besar dari file iso yang akan digunakan. Misalnya, file Ubuntu 16.04 LTS yang anda download besarnya 1,5 GB maka buatlah partisi dengan filesystem EXT4 sebesar 1,6-2 GB. Copy file iso yang sudah didownload ke partisi baru tersebut.
Jalankan grub-customizer, akan diminta password anda, masukkan password. klik new entry. Pilih Linux ISO di kolom type. Masukkan nama distro linux yang anda inginkan di kolom Name misalnya Ubuntu 16.04 LTS i386. Di kolom ISO image, pilih file iso yang ada di partisi baru tadi. Kolom-kolom yang lain tidak perlu diedit, karena asalkan sudah diarahkan ke file iso yang di partisi baru, maka boot sequence nya sudah otomatis. Anda bisa urutkan entry di grub-customizer ke paling atas atau semau anda. Sekarang, save semuanya dan keluar, tutup grub-customizer. Sekarang anda sudah bisa boot dari iso tersebut. Hidupkan PC desktop/laptop anda, lalu tahan tombol shift jika menu grub anda tidak muncul. Pilih Ubuntu 16.04 (atau nama yang sudah anda tulis di grub-customizer tadi). Silahkan tunggu dan anda pun akan masuk ke lingkungan Live disk seperti instalasi dari USB flash drive/DVD pada umumnya. Sebelum memulai untuk install distro linux tersebut, jalankan terlebih dulu command berikut di terminal, karena jika tidak, instalasi akan gagal : sudo umount -l -r -f /isodevice dan sekarang anda bisa langsung lanjut untuk install distro linux anda seperti biasa.
Post a Comment